01/01/24

Pengertian SELF HARM - bukasitusmu



Jaman sekarang ramai sekali orang - orang yang melakukan SELF HARM, terutama di kalangan REMAJA. Biasanya orang - orang melakukannya guna menenangkan diri. Apapun tujuannya, SELF HARM bukan hal yang tepat. Apa itu SELF HARM? SELF HARM atau SELF INJURY adalah tindakan menyakiti diri sendiri yang dilakukan karena beberapa factor negative. 

Terkadang SELF HARM dilakukan tanpa sadar. Seperti ketika merasa takut, panik, dan gelisah dengan tidak sadar tubuh secara reflex membuat gerakan - gerakan menenangkan diri dengan menggigit bibir atau mencubit tangan. Dan saat ini yang paling banyak dilakukan oleh para remaja adalah menyayat anggota tubuh [ CUTTING ]. 

Kira - kira Apa factor SELF HARM dilakukan ? beberapa orang melakukan SELF HARM karena sedang stress, merasa putus asa, mendapat banyak kritik, depressi, kesepian, dan masih banyak factor lain yang memicu seseorang melakukan tindakan menyakiti diri.
Diantara banyaknya factor tindakan SELF HARM, ada satu factor unik yang bagus untuk di bahas. Beberapa orang menyakiti dirinya sendiri hanya untuk ikut - ikutan, bahkan menyebutnya sebagai TREN. Dimana akal sehat mereka? SELF HARM bisa diatasi asal ada kemauan untuk menghentikannya. 

Ada beberapa cara mengatasinya;
1. Pergi ke psikolog dan konsultasi pada dokter agar tidak parah.
2. Bercerita tentang apa yang sedang dirasakan untuk mencegah perilaku self harm.
3. SELF LOVE atau mencintai diri sendiri dengan mulai mengenali diri sendiri, tidak                                  membandingkan diri dengan orang lain, dan bergaul dengan orang2 baik. Juga, dukungan dari                orang2 terdekat sangat berpengaruh untuk diri sendiri.


Hal mengerikan bisa terjadi karena perilaku SELF HARM, terutama jika parah bisa memunculkan keinginan untuk bunuh diri. NAUZDUBILLAH. Kita bisa menghindari perilaku SELF HARM dengan menghindari stress, caranya bisa dengan bercerita kepada orang yang dapat di percaya, seperti keluarga, saudara, atau bisa juga dengan menulis buku harian.

Kita yang tidak melakukan SELF HARM harus lebih peduli sekitar, terutama ketika kita melihat adanya perilaku SELF HARM pada orang disekitar kita. Dan untuk kalian yang sering menyakiti diri sendiri, segeralah berhenti!

NOT  SELF HARM  BUT  SELF LOVE !

4.5
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support